PT INKA Pabrik Kereta Unggulan dari Madiun untuk Dunia

PT INKA Pabrik Kereta Unggulan dari Madiun untuk Dunia – PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) juga akan membangun sebuah pabrik baru untuk dapat memenuhi sebuah permintaan dalam pasar global. Sementara itu, pembangunan pabrik dijadwalkan selesai pada 2020, dan dengan tanbahan kapasitas produksi hingga dapat dua kali lipat dari total pabrik yang saat ini beroperasi.

PT INKA Pabrik Kereta Unggulan dari Madiun untuk Dunia

inka.web.id – Presiden INKA Budi Noviantro mengatakan pabrik baru itu akan dibangun di Banyuwangi, dekat pelabuhan. Budi juga berharap bahwa dalam pembangunan pabrik yang berorientasi pada ekspor juga bisa membantu dalam meringankan anggaran defisit dalam neraca pembayaran yang saat ini sebagai akibat kepemilikan lokal yang tinggi. merupakan

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Dengan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA)

Regulasi TKDN tidak sulit, malah sebaliknya saya senang. TKDN hampir 90% kalau termasuk desainnya,” ujarnya kepada Bisnis, Senin. Budi mengatakan kapasitas pabrik baru akan ditingkatkan dari 2-3 kereta per hari menjadi 3-4 kereta per hari untuk memenuhi permintaan pasar global yang terus meningkat, dan pembangunan pabrik seluas 83 hektar akan selesai tahun depan.

Jika iya, Düll sudah tidak asing lagi dengan judul-judul di atas. Ya, Perusahaan Terbatas Industri Kereta Api atau PT INKA adalah salah satu industri kebanggaan Madiun. Bagaimanapun, PT INKA adalah satu-satunya industri di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam pembuatan perkeretaapian. Padahal, PT INKA merupakan industri pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara di sektor perkeretaapian. menjadi

Dulu gimana ya pendirian PT INKA

PT INKA merupakan sebagai salah satu bentuk perusahaan yang berada di bawah Kementerian BUMN atau (Badan Usaha Milik Negara). Awalnya pabrik dalam kereta api yang ada di Indonesia dimiliki oleh PJKA (Perusahaan Kereta Api). PJKA sendiri merupakan awal dari keberadaan PT KAI (Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia). Pada tanggal 29 Agustus 1981, PJKA secara resmi menyerahkan pengoperasian pabrik kereta api kepada PT INKA. Hari itu kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun PT INKA.

Saat itu PT INKA sedang mendapat bimbingan teknis dari Kementerian Perhubungan. Pada tahun 1998, setelah perjalanan panjang, PT INKA telah menjadi sebuah anak perusahaan dari sebuah PT Bahana Pakarya Industri Strategis atau (BPIS). Maka Setelah PT BPIS telah bubar pada tahun sekitar 2002, PT INKA masih dikelola oleh Kementerian Negara BUMN hingga sekarang.

Sebenarnya PT INKA sudah lama dikenal di kancah internasional. Dari mana? Misalnya, Malaysia telah memesan 150 unit mobil gepeng dari PT INKA Lur sejak tahun 1995. Setelah itu, ekspor produk PT INKA tidak sepenting sekarang. Pada akhir 1990-an, hanya ada satu pesanan asing per tahun.

Perkembangan PT INKA sekarang

PT INKA saat ini sedang berusaha memperluas pabriknya dengan membangun pabrik baru seluas 83 hektar di Desa Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Dia mengatakan pabrik baru itu diharapkan menjadi yang paling terbesar di kawasan Asia Tenggara karena memang kapasitas dalam produksi pabrik akan total mencapai lebih dari 500 kereta per tahun.

Berlokasi di Banyuwangi, pabrik ini khusus mengolah produk ekspor. Banyak negara yang berulang kali mengimpor produk kereta api dari Indonesia. Misalnya, Bangladesh yang menjadi PT INKA pada 2020 masih mengerjakan pesanan sebanyak 200 kereta penumpang. Selain itu, PT INKA juga sedang menyelesaikan dua kereta DMU (Diesel Multi Unit) untuk Filipina.

Kami juga mencoba memasuki pasar baru seperti Sri Lanka, Zimbabwe, Madagaskar dan Kongo. PT INKA juga memiliki anak perusahaan PT INKA Multi Solusi (IMS) dan PT Rekaindo Global Jasa (REKA) yang didirikan pada tahun 2009. Keduanya berbasis di daerah Madiun. PT IMS adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang berkaitan dengan perdagangan dan pemeliharaan kereta api.

Mereka melayani perdagangan suku cadang kereta, jasa pramugari, jasa perakitan, penyedia jasa pengupahan atau upah. PT REKA, sebaliknya, memiliki fungsi bisnis berupa jasa konsultasi engineering, desain dan pemeliharaan kereta api. Sudah ada sejak tahun 1998.

Apa Dulur tahu bedanya PT INKA dengan PT KAI

Ada yang masih bingung Apa bedanya Lur PT INKA dan PT KAI Lagi pula, sama-sama menangani trimming track. Eitssss….Mereka benar-benar berbeda lol! PT INKA bergerak di industri perkeretaapian dan kegiatan utamanya adalah produksi perkeretaapian.

Setelah Anda membangun kereta, tentu saja kereta akan berjalan. Kini, pengoperasian kereta api ini diatur oleh PT KAI. PT KAI menyediakan jasa angkutan kereta api, termasuk angkutan penumpang dan barang. Untuk itu, masalah ticketing dan rencana perjalanan secara bersama-sama diposting di website dan aplikasi resmi PT KAI (kai.id).

Sebagai masyarakat ngapain aja ya di PT INKA

Kalau mau berkunjung ke PT INKA jangan malu-malu dulur. PT INKA tidak hanya dapat diakses oleh karyawan, tetapi juga masyarakat umum, khususnya mahasiswa. Melalui kunjungan industri, Plaquerin (Praktek Tenaga Kerja Industri) dan PKL (Praktek Kerja Lapangan), Dürer dapat melihat bagaimana proses pembuatan berbagai produk kereta api dibuat.

Untuk wisata industri, PT INKA hanya merencanakan maksimal 100 peserta setiap Selasa. Prakerin dan PKL Lur tunduk pada kondisi tertentu. Mahasiswa semua program studi PT INKA tidak dapat melakukan magang dan PKL secara bersamaan. Begitu pula dengan peserta Plakat dari SMK.