Pedoman Naik Kereta Api Demi Keamanan dan Kenyamanan Penumpang

Pedoman Naik Kereta Api Demi Keamanan dan Kenyamanan Penumpang – Saat ini perkembangan Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Penggunaan KAI sebagai sarana transportasi paling aman, cepat dan akurat menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang agar tiba di tempat tujuan secara tepat waktu.

Pastinya melakukan aktivitas perjalanan melalui Ular Besi merupakan hal paling fenomenal dan sensasional. Karena selain murah, para penumpang pun akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Dan untuk itu, di bawah ini telah kami persembahkan beberapa pedoman naik kereta api demi membangkitkan segala kenyamanan dan keamanan untuk semua penumpang, di antaranya;

1. Pahami Tujuan dan Persyaratan Utama
Pedoman yang paling awal yaitu memahami tujuan dan persyaratan utama sebelum bepergian menggunakan KAI. Sebab berwisata dengan Ular Besi harus diwarnai dengan keselamatan dan kenyamanan dari awal hingga tujuan. Hal yang patut dipertimbangkan adalah faktor cuaca. Jika kiranya kondisi tersebut bersahabat, maka penumpang boleh melakukan perjalanan.

Di balik semua itu, ada pula persyaratan utama yang layak diketahui yakni melampirkan dan menunjukkan tes kesehatan. Terbaru, setiap perusahaan besar saat ini mewajibkan para penumpang untuk melakukan tes COVID-19 minimal tahap II. Hal tersebut berguna bahwa penumpang tersebut terbebas dari ancaman penyakit dan tidak menularkan penyakit terhadap penumpang lain.

2. Memesan Tiket Via Online
Dulunya para penumpang harus rela berdatangan ke stasiun terdekat hanya untuk mendapatkan tiket dan tempat duduk sesuai keinginan. Namun era teknologi modern telah memudahkan semuanya, jadi mereka tinggal melakukan pemesanan tiket via online. Caranya cukup mudah yaitu dengan menginstal aplikasi tiket KAI di Play Store atau App Store.

Kemudian mereka tinggal menentukan jadwal keberangkatan dan tempat duduk mana pun kapan saja sesuai keinginan. Lebih dari itu, mereka pun akan selalu mendapatkan promo menarik mulai dari Souvenir, Cashback, Discount dan lain sebagainya. Baiknya lagi, mereka bisa membatalkan pesanan dan menundanya di hari berikutnya tanpa memikirkan bahwa masa berlaku tiket bakal hangus.

3. Selalu Pilih Perjalanan Pagi Hari
Hal yang selanjutnya yaitu durasi perjalanan kereta api memang tidak pernah molor alias tepat waktu. Jadi disarankan agar semua penumpang lebih memilih perjalanan di pagi hari. Apa alasannya Sebab pemandangan dan panorama di waktu itu sangat damai dan sejuk. Sehingga nuansa perjalanan berjam – jam pun tak kan terasa lama.

Terlebih saat mereka memilih untuk menduduki kursi belakang dekat dengan jendela. Pastinya udara sejuk pun mulai memasuki ruangan dari berbagai sisi. Mereka pun bisa melakukan selfie secara suka – suka untuk mendapatkan pengalaman baru. Akan tetapi pemesanan tiket tersebut harus dilakukan jauh hari agar tidak ketinggalan posisi oleh penumpang lain.

4. Tak Lupa Membawa Makanan Ringan
Para penumpang memang tak boleh melupakan sesuatu untuk selalu membawa makanan ringan sesuai takaran dan kebutuhan selama perjalanan. Sebab menaiki Ular Besi bisa mengundang rasa lapar dan dahaga yang berkepanjangan. Terlebih saat mereka dihujani pendingin ruangan (AC). Pastinya rasa dehidrasi pun akan terus mengalir tanpa henti.

Pihak KAI memperbolehkan semua penumpang membawa bekal makanan dari luar. Karena setidaknya mereka harus saling menjaga kebersihan seluruh cabin demi kenyamanan bersama. Jika tidak ingin ruwet, di dalam kereta telah tersedia makanan dan minuman yang lebih praktis. Sehingga mereka bisa menikmati perjalanan tanpa rasa lapar dan haus.

5. Siapkan Hiburan Pribadi
Sementara itu, para penumpang juga perlu untuk memuaskan diri agar tidak terlihat bosan selama mengarungi perjalanan panjang. Karena sejatinya duduk manis di dalam kereta tak hanya melelahkan, tapi juga memicu terjadinya stress berat. Menyikapi hal tersebut, mereka dianjurkan untuk menyiapkan hiburan pribadi.

Caranya adalah menginstal aplikasi film atau musik bahkan game. Namun hal yang paling disarankan adalah menonton film melalui layanan streaming. Selebihnya juga membawa Power Bank untuk mengantisipasi Low Bat. Dengan cara itu pun semua penumpang akan selalu senang menikmati perjalanan sekalipun tujuan tersebut berjarak ratusan kilometer.

Pedoman Naik Kereta Api Demi Keamanan dan Kenyamanan Penumpang

6. Menjaga Kesehatan dan Stamina
Lebih dari itu, semua penumpang harus wajib menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Sebab stamina mereka sangat diperlukan untuk menghindari kejadian tak terduga selama perjalanan. Disarankan agar selalu mengenakan pakaian lengan dan celana panjang seperti kaos hingga jacket. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya penularan virus corona yang mungkin belum sepenuhnya berakhir.

Tak hanya itu saja, berpakaian lengkap juga bisa mencegah kedinginan saat berada di bawah AC. Dan untuk menjaga stamina agar tetap fit, maka mereka harus beristirahat yang cukup sehari sebelum melakukan perjalanan. Dan tak lupa untuk berolahraga secara teratur demi menghindari kesemutan sebelum tiba di tempat tujuan.

7. Datang Tepat Waktu
Dan pedoman yang tak boleh terlupakan lagi jika ingin mendapatkan rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan KAI adalah datang tepat waktu. Pada umumnya Hari-H merupakan momen yang paling dinanti – nanti bagi semua orang. Sebab banyak ancaman yang muncul secara tidak terduga. Dalam hal ini, mereka harus datang minimal 30 menit atau 1 jam di stasiun.

Tujuannya agar para petugas lebih mudah melakukan pemeriksaan semua kelengkapan dokumen para penumpang mulai dari tiket, tes lab COVID-19, jadwal pemberangkatan dan lain – lain. Saat semuanya siap dan dinyatakan aman, mereka pun bisa bersiap – siap untuk berangkat dan tak lupa pula berdoa menurut keyakinan masing – masing agar diberikan keselamatan selama perjalanan.