Mengenal Lebih Dekat Dengan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA)

Mengenal Lebih Dekat Dengan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) – Pastinya bagi warga di sekitar Madiun sudah tidak asing lagi dengan nama INKA. Inka sendiri merupakan sebuah pabrik yang bergerak di bidang layanan transportasi berupa kereta api. Di mana salah satu BUMN dalam negeri itu telah berhasil mengekspor beberapa produknya ke negara asing. Bahkan tidak sedikit yang telah menjadi langganannya. Lalu bagaimana profil dari INKA itu?.

Seputar Informasi Mengenai Profil Dari PT Industri Kereta Api (INKA)

PT Industri Kereta Api termasuk ke dalam salah satu badan usaha milik negara yang berlokasi di Madiun Jawa Timur dan telah berdiri sejak tahun 1981. Itu artinya saat ini berusia 41 tahun. Perlu diketahui bahwa BUMN yang bergerak di bidang layanan transportasi ini adalah generasi penerus dari balai Yasa Lokomotif Uap milik PT KAI. Adapun profil lengkapnya seperti berikut ini.

1. Awal Mula Berdirinya PT Industri Kereta Api (INKA)

PT INKA pertama kali didirikan pada tanggal 18 Mei tahun 1981 dan kini telah berusia 41 tahun. Tepatnya pada tanggal 29 agustus 1981 pihak PJKA menyerahkan operasional pabrik kereta api kepada manajemen PT INKA. Dari situlah awal mulanya terlahir perusahaan plat merah tersebut. Dulunya pada saat berdiri BUMN tersebut berada dalam pembinaan teknisi departemen perhubungan. Namun seiring berjalannya waktu pembinaan atas perusahaan plat merah itu terus mengalami perubahan, yakin pada tahun 1983 pengelolaannya berubah dilakukan oleh Dewan Pembina Industri Strategis. Kemudian tahun 1989 pengelolaannya berada di bawah menteri penyalahgunaan BUMN. Pada tahun 1998 perusahaan plat merah itu menjadi anak dari holding PT Bahana Prakarya Industri Strategis (BPIS). Namun sayangnya tepatnya pada 2022 PT BPIS itu dibubarkan sehingga pengelolaan INKA berubah menjadi di bawah kementerian BUMN hingga sekarang.

2. Memperluas Pasar Ekspor

Sejak tahun 2018 salah satu BUMN ini berencana untuk memperluas pasar ekspornya ke beberapa negara di kawasan asia tenggara dan Afrika. Adapun beberapa negara yang dimaksud menjadi sasarannya yaitu Mozambik, Nigeria, Sambia, Sri Lanka, Mesir, Sudan, Senegal hingga Myanmar. Meskipun 8 negara tersebut masih dalam sasarannya namun saat ini PT Industri kereta api telah berhasil meyakinkan Filipina dan Bangladesh untuk menjadi konsumen setianya. Tentunya penyebab kedua negara itu bisa percaya dengan INKA dikarenakan produknya yang berkualitas dan bagus.

Mengenal Lebih Dekat Dengan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA)

3. PT Industri Kereta Api Telah Diakui Banyak Negara

Dapat dibilang bahwa PT Industri kereta api milik Indonesia ini telah mendunia. Hal itu terbukti dari sejak tahun 1996 telah banyak negara tetangga yang mulai tertarik dengan produk INKA tersebut. Misalnya sejak pertama kali merakit lokomotif yaitu Ge Lokindo di mana produk tersebut langsung diekspor ke negara Filipina tepatnya pada tahun 1996. Kemudian selang 2 tahun perusahaan plat merah itu terus mengembangkan sayapnya dengan melakukan pengiriman produk kereta api yang dihasilkannya ke negara Thailand. Pada saat itu inka mengekspor kereta dengan tipe Ballad Hopper Wagon yang terdiri dari gerbong barang untuk mengangkut komoditas berupa curah lepas seperti biji-bijian dan batubara. Selain itu pada tahun 2017 perusahaan plat merah tersebut juga berhasil memenangkan lelang pengadaan kereta penumpang untuk negara Bangladesh dengan total kontrak kerja saat itu sebesar US$100,89 juta.

4. Berlokasi Di Madiun Jawa Timur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa PT Industri Kereta Api (INKA) berlokasi di Jawa Timur yakin tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso, Madiun Jatim. Sebelum dijadikan sebuah pabrik dulunya tempat itu merupakan Balai Yasa Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). PT INKA sendiri didirikan di atas lahan dengan luas sekitar 22,5 hektar yang juga menjadi saksi tentang sejarah panjang dari BUMN tersebut. Faktanya tidak hanya memiliki kantor pusat di Madiun saja. Melainkan PT Industri kereta api (INKA) juga mempunyai kantor perwalian yang berlokasi di Jakarta. Di mana Tujuan dibuat kantor perwakilan itu adalah untuk mendekatkan diri dengan para stakeholders dan pengambilan kebijakan. Selain itu BUMN ini juga didukung oleh kantor perwakilan yang berada di kota Bandung Jawa Barat.

5. PT Industri Kereta Api Berhasil Mengirim 250 Gerbong Ke Negara Bangladesh

Belum lama ini perusahaan plat merah itu berhasil mengirimkan 250 gerbong kereta penumpang ke negara tetangga yaitu Bangladesh melalui pelabuhan Tanjung perak Surabaya. Diperkirakan proses pengiriman produk hasilnya itu akan dilakukan secara bertahap. Gerbong kereta yang akan dikirimkan itu terdiri dari tipe Broas Gauge dengan jumlah 50 dan jenis Meter Gauge sekitar 200 gerbong. Nantinya untuk tipe Meter Gauge bisa dimanfaatkan pada track dengan lebar 1000 meter mm.

6. Berencana Akan Melakukan Ekspor Kembali Ke Filipina

Semenjak kontrak kerja telah disepakati pada tahun 2018 dengan total penjualan senilai USD 52,8 juta. Perusahaan plat merah ini akan kembali mengirimkan produknya ke negara Filipina. Di mana produk yang dipesan oleh negara tetangga itu berupa empat kereta Rel Diesel, tiga Lokomotif dan 15 gerbong penumpang. Diperkirakan bahwa produknya akan dikirim langsung ke negara Filipina dengan sistem bertahap.

Dikarenakan semakin banyak jumlah negara yang minat akan produk buatannya, menyebabkan perusahaan plat merah tersebut membangun kembali pabrik guna menaikkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Di mana pabrik tersebut dibangun di Banyuwangi Jawa Timur di atas lahan dengan luas 83 hektar dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 3 tahun. Itulah informasi singkat tentang PT INKA Indonesia.