Klasifikasi Kereta Api Berdasarkan Jenis dan Fasilitasnya

Klasifikasi Kereta Api Berdasarkan Jenis dan FasilitasnyaKereta api merupakan salah satu transportasi darat yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan transportasi lainnya. Siapa sih yang tidak kenal dengan transportasi ini ? Kereta api merupakan salah satu transportasi yang memiliki jalur berbeda yaitu dengan berbasis rel dan memiliki ukuran yang cukup panjang untuk mengangkut para penumpangnya. Kereta api juga dilengkapi dengan tempat pemberhentian untuk mengangkut dan menurunkan penumpang sesuai pada tujuannya yang dinamakan dengan stasiun. Kereta api juga memiliki suatu tiket yang dapat dipergunakan sebagai alat bukti bayar untuk menaiki kereta api. Banyak sekali orang yang memilih kereta api sebagai sarana untuk melakukan aktivitas nya berpergian. Sebagian orang juga melihat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada dikereta api ini. Selain itu, ternyata kereta api juga memiliki banyak jenis dan fasilitasnya masing masing loh.

Dalam memberikan pelayanan dalam berkendara pihak kereta api sendiri mengusahakan yang terbaik untuk para penumpangnya. Berikut adalah penjelasan mengenai klasifikasi jenis kereta api dan fasilitas yang ada didalamnya.

Jenis jenis kereta api

1 Kereta Api Uap
Sesuai dengan namanya kereta api uap ini merupakan salah satu kereta yang menggunakan uap air yang didapatkan dari hasil ketel uap untuk menggerakan kereta api tersebut. Kereta api uap ini sudah jarang dan bahkan tidak lagi ditemukan diindonesia karena populasinya yang semakin lama semakin menurun disebabkan karena kereta jenis ini menggunakan uap sebagai penggerak yang dapat merusak alam dan menyebabkan populasi udara dan tidak ramah lingkungan. Oleh, sebab itu kereta ini sudah lama tidak lagi beroperasi.

2 Kereta Rel Listrik
Nah, untuk kereta jenis yang satu ini masih banyak dan bahkan sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Berbeda dengan kereta api uap, kereta api jenis listrik ini menggunakan dasar utama listrik sebagai penggerak kereta jenis ini. Listrik tersebut dialirkan dengan kereta diatas atap kereta dengan beberapa kabel. Populasi kereta api listrik masih aktif hingga saat ini.

3 Kereta Api Diesel
Kereta api diesel ini memiliki ciri khas yang menggunakan minyak solar sebagai penggerak utamanya. Kereta diesel ini sendiri dirancang dengan mesin diesel yang sudah dipasang berada dibawah kabin gerbong kereta api diesel tersebut.

4 Kereta Api Magnet
Selain itu, ada juga kereta api yang menggunakan medan magnet sebagai bahan utama penggeraknya. Kereta jenis ini biasanya berjalan dengan sangat cepat dijalurnya. Tiap gerbong dan badan kereta ini diangkat dan didorong dengan menggunakan medan magnet yang berada dijalurnya guna untuk tidak menyentuh rel.

Fasilitas Kereta

Kelas Eksekutif

1 Kelas Eksekutif
Kelas Eksekutif merupakan salah satu layanan yang ada didalam gerbong kereta. Layanan jenis ini merupakan salah satu layanan yang cukup tinggi dibanding dengan jenis layanan yang lain. Karena, layanan kelas eksekutif ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup menarik dan membuat nyaman penumpangnya. Adapun fasilitas yang disediakan untuk kelas eksekutif adalah berupa AC, Televisi, Rak Bagasi, Meja Makan, Reclining Seat, Rotary Seat, Akses listrik (Stop Kontak), Toilet. Uniknya yang menjadikan layanan ini istimewa adalah setiap kereta jenis ini memiliki kapasitas penumpang yang tidak banyak yakni hanya 50 penumpang saja.Tetapi harga yang ditawarkan untuk kelas ini terbilang cukup mahal.

2 Kelas Bisnis
Kelas Bisnis juga tak kalah menyediakan jenis layanan yang menarik dari berbagai fasikitasnya. Contoh dari fasilitas kelas bisnis adalah AC, Bagasi, Televisi, Rotary Seat, Toilet, Akses Listrik (Stop Kontak). Berbeda dengan layanan jenis eksekutif. Layanan jenis bisnis ini dapat dijangkau oleh sekitar 64 Penumpang dalam satu kereta. Tetapi, kendati begitu. Jenis layanan bisnis ini harganya pun tidak semahal kelas eksekutif.

3 Kelas Ekonomi
Kelas Ekonomi merupakan salah satu kelas yang banyak diminati oleh orang karena harganya yang tidak terlalu mahal. Berbeda dengan kelas eksekutif dan bisnis. Kelas ekonomi hanya memiliki fasilitas yang tidak banyak hanya berupa Rak Bagasi, Akses Listrik (Stop Kontak), AC, Toilet. Layanan jenis ini juga memiliki keunikan yakni kursinya saling berhadap dengan penumpang yang lain.