Jenis Vespa Matik di Indonesia, Lengkap dengan Harganya

Jenis Vespa matic yang dipasarkan di Indonesia sangat beragam, mulai dari harga puluhan juta hingga ratusan juta. Motor Italia ini memiliki penggemarnya sendiri, mulai dari anak muda hingga kolektor.

Vespa, skuter ikonik dari negeri pizza, sudah ada sejak 1950-an. Bentuknya yang khas, yang bertahan hingga saat ini, membuat penggunanya menjadi kebanggaan tersendiri.

Pada zaman dahulu, Vespa dipasarkan dalam bentuk skutik dengan mesin 2 tak. Alat pacu jantung yang ada di sebelah kiri menjadi salah satu keunikan dari kendaraan ini.

Meski bentuknya terlihat sederhana, sepeda motor ini sangat bisa diandalkan sebagai armada untuk mengangkut barang-barang penting di masa perang. Keterampilan mesinnya yang andal membantu tentara di medan perang.

Mesin 2 tak yang dianggap sebagai salah satu penyebab polusi udara kini sudah ditinggalkan oleh semua produsen kendaraan, termasuk Vespa. Sebaliknya, mesin 4 tak lebih ramah lingkungan dan dipertahankan hingga saat ini.

Era Vespa 4 tak berkembang dari waktu ke waktu. Inovasi teknologi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para penggemarnya.

Baru-baru ini, pengguna Vespa meningkat, seperti model yang ditawarkan, memberikan konsumen lebih banyak kebebasan memilih.

Usia konsumen juga bisa lebih terwakili dengan banyaknya model dan varian Vespa.

Di Indonesia, Vespa klasik dan model terbaru memiliki karakter yang sama sekali berbeda. Meski demikian, rasa persaudaraan antar pemilik masih cukup tinggi dan menjadi lebih berharga dari kendaraan.

vespa matic

Vespa matic di Indonesia dipasarkan dengan harga termurah Rp 30 jutaan. Sedangkan yang paling mahal bisa mencapai ratusan juta, belum lagi jika perangkat tersebut merupakan edisi terbatas yang bekerja sama dengan pihak tertentu.

Bagi Anda yang ingin menanyakan tentang Vespa matic, sebaiknya kenali dulu model yang ditawarkan oleh PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM).

Berikut jenis-jenis Vespa matic yang diperdagangkan di Indonesia:

Vespa LX 125 I-Dapatkan

Model ini merupakan unit Vespa yang paling murah dan terjangkau. Skuter ini merupakan unit yang didatangkan utuh dari Vietnam.

Mesin yang disematkan pada kendaraan ini adalah konfigurasi kubik silinder tunggal 124,5 cc berpendingin udara. Tenaga mesin harus mencapai 10,1 hp pada 7.600 rpm dan torsi maksimum 10,2 Nm pada 6.000 rpm.

Jantung mekanik dikatakan telah bersertifikat Euro3. Hasil tersebut didapat berkat pembakaran yang sudah mengandalkan sistem injeksi. Teknologi I-Get yang disematkan juga membantu meningkatkan efisiensi kendaraan.

Motor dengan dimensi terkecil dari seluruh jajaran Vespa matik ini menggunakan lampu depan bulat yang menjadi ciri khasnya.

Saat ini pilihan warnanya juga cukup beragam yaitu Blue Capri, Orange Corallo dan Yellow Lime.

Vespa LX 125 I-Get dipasarkan di jalan raya (OTR) Jakarta dengan harga Rp 38,7 juta.

 

Vespa S 125 I-Get

Vespa matic ini memiliki dimensi yang mirip dengan versi LX. Tampilannya juga cukup mirip dengan versi termurah, meski ada beberapa detail yang membuatnya berbeda.

Perbedaan yang paling kentara adalah lampu depannya yang berbentuk kotak. Lampu kotak ini jauh dari nilai ikon khas Vespa, tetapi tetap memiliki penggemarnya sendiri.

Vespa S juga menggunakan mesin yang sama yaitu silinder tunggal 124,5cc berpendingin udara. Dipercaya bahwa sumber daya kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 10,1 hp pada 7.600 rpm dan torsi maksimum 10,2 Nm pada 6.000 rpm.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan melalui CVT (Continuous Variable Transmission).

Teknologi mesinnya juga masih sama, yakni mengandalkan 3 katup dan I-Get.

Mesin ini telah bersertifikat Euro3 dan karenanya lebih ramah lingkungan.

Vespa S 125 I-Get ditawarkan dalam warna Orange Taormina, Yellow Sole dan Black Vulcano.

Sedangkan harga OTR untuk Jakarta Vespa S 125 I-Get adalah Rp 40,2 juta.

 

Vespa Primavera

Model yang satu ini memiliki dimensi lebih panjang dari LX 125 I-Get dan S 125 I-Get. Lebarnya sebenarnya lebih sempit dari kedua model tersebut.

Sepeda motor ini dibekali mesin satu silinder 154,8 cc berpendingin udara. Alat pacu jantung ini diyakini mampu menghasilkan tenaga 11,6 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 12 Nm pada 5.000 rpm.

Vespa Primavera akan dipasarkan dengan harga Rp 46 juta OTR Jakarta dan akan tersedia dalam warna Orange Tramonto, Grey Materia dan White Innocenza.