Industri PT Kereta Api Indonesia

Industri PT Kereta Api IndonesiaPT Kereta Api Indonesia atau yang biasa disebut dengan PT KAI ini merupakan salah satu transportasi jalur darat berbasis rel. Layanan PT KAI ini berupa penumpang dan barang. PT KAI merupakan salah satu badan Usaha Milik Negara atau BUMN. PT KAI sendiri memiliki kantor pusat yang terletak di lokasi Jalan perintis kemerdekaan 1 Bandung, jawa barat indonesia.

PT KAI mulai beroperasi pada tanggal 28 September 1945. PT KAI sendiri juga memiliki karyawan yang berada sekitar kurang lebih 27.661 pada tahun 2020 silam dan akan mengalami kenaikan atau penurunan disetiap tahunnya. Hingga saat ini PT KAI masih aktif dan semakin banyak orang untuk menggunakan jasa PT KAI sebagai transportasi kereta api yang paling cepat diantara transportasi lainnya baik itu penumpang maupun barang. PT KAI dipimpin oleh Didiek Hartantyo yang menjabat sebagai direktur utama pada tanggal 8 Mei 2020. Hingga saat ini tercatat pendapatan PT KAI yakni sebesar kurang lebih 18,07 Triliun pada tahun 2020 dan akan terus berkembang baik menurun atau meningkat ditiap tahunnya.

Layanan PT KAI

Dalam penggunaannya ada beberapa jenis layanan yang digunakan PT KAI dalam pengoperasian nya di dunia transportasi kereta api diantaranya yaitu sebagai berikut.

Industri PT Kereta Api Indonesia

Kereta Penumpang
Kereta penumpang merupakan salah satu jenis layanan yang ada di PT KAI. Kapasitas yang disediakan oleh PT KAI untuk area pulau jawa dan sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (39%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%)

Baca juga : Dampak Covid-19 Pada Industri Transportasi Kereta Api Indonesia

Kereta penumpang juga memiliki berbagai macam varian diantaranya yaitu kelas eksekutif, kelas campuran, kelas ekonomi, lokal komuter, kereta api bandara. Berikut adalah penjelasannya.

1 Kelas Eksekutif
Kelas eksekutif merupakan salah satu layanan tertinggi di PT KAI. Karena layanan kereta jenis ini merupakan salah satu layanan kereta yang memiliki fasilitas yang cukup memadai. Kereta ini hanya memiliki kapasitas sekitar 50 orang untuk satu kereta.

2 Kelas Campuran
Kelas campuran merupakan layanan kedua tertinggi setelah kelas eksekutif.

3 Kelas Ekonomi
Kelas ekonomi sering digunakan sebagai alat transportasi bagi masyarakat umum. Kelas ekonomi juga menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan jenis layanan yang lain.

4 Lokal dan Komuter
Komuter merupakan salah satu kereta yang digunakan banyak orang dalam jarak yang dekat. Yang menghubungkan antara kota besar dan kota kecil. Penggunaan kereta jenis ini biasanya dapat digunakan dalam aktivitas dan kegiatan sehari hari seperti contohnya pelajar yang pulang pergi sekolah,
mahasiswa yang pulang pergi ke kampus, karyawan yang kerja pulang pergi, atau seseorang yang ingin pergi kesuatu tempat. Tak heran jika kereta ini lebih padat dan banyak pengunjungnya dalam sehari dibanding dengan kereta yang lain.

5 Kereta Api Bandara
Kereta api bandara merupakan jenis layanan kereta api yang berbeda dengan jenis yang lainnya karena kereta api ini menguhubungkan stasiun stasiun sekitar hingga ke bandara.

6 Kereta Wisata
Kereta wisata merupakan salah satu layanan yang sering digunakan untuk wisata. Kereta wosata ini menyesuaikan tarifnya dengan wisata yang dituju. Gerbong kereta akan diberi nama nusantara, jawa, bali, toraja, sumatera, imperial, priority.