8 Daftar Negara Yang Pernah Membeli Produk Dari PT INKA

8 Daftar Negara Yang Pernah Membeli Produk Dari PT INKA Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga. Pasalnya beberapa produk buatan PT INKA pernah dibeli oleh negara maju. PT Industri Kereta Api sendiri terletak di kota Madiun Jawa Timur tepatnya yaitu di Jalan Yos Sudarso, kecamatan Mangunharjo. Nantinya ketika Anda masuk ke dalam pabrik akan langsung melihat beberapa pekerja sedang sibuk untuk menyelesaikan pembuatan kereta api yang telah dipesan oleh beberapa negara tetangga. Lantas negara mana saja yang memesan produk dari INKA tersebut?

Deretan Nama Negara Yang Menggunakan Produk Dari INKA

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, beberapa rangkaian kereta api buatan PT INKA juga diekspor ke luar negeri. Bahkan di antara negara-negara tersebut ada yang sudah menjadi langganan membeli produk kereta buatan Indonesia. Adapun beberapa negara yang dimaksud seperti berikut :

1.Negara Bangladesh
Negara pertama yang pernah membeli produk dari INKA dan bisa dikatakan telah menjadi langganan yaitu Bangladesh. Di mana pada tahun 2016 PT. Kereta Api Indonesia berhasil memproduksi sebanyak 150 grobong. Dari jumlah itu sekitar 108 gerbong telah lolos dan sekarang sudah digunakan di negara itu. Siapa sangka bahwa dari hasil penjualan kereta api di Bangladesh itu membuat PT INKA memperoleh keuntungan hingga USD 72 juta atau jika diubah dalam rupiah sekitar 1 triliun.

2.Negara Thailand
Selain Bangladesh, Thailand juga memesan rangkaian kereta api dari Indonesia dalam wujud lokomotif yakin sebanyak 150 buah. Di mana kerjasama antara PT INKA (Persero) dengan State Railway of Thailand itu diawali dari kontrak sekitar 50 lokomotif tepatnya pada tahun 2018. Waktu itu negara Thailand diwakili oleh seorang jenderal bernama Chamlong Kunsong untuk menandatangani perjanjian mitra antara PT kereta api Indonesia dengan STR dan perusahaan Thanakorn Company Limited yang masih memiliki keterkaitan dengan peningkatan kerjasama perkeretaapian.

3.Negara Filipina
Negara berikutnya yang juga menjadi langganan membeli kereta api buatan tanah air yaitu Filipina. Negara yang memiliki sekitar 7.641 pulau ini telah melakukan perundingan dengan Indonesia. Di mana perundingan itu menghasilkan kesepakatan untuk melakukan pengadaan kereta sebanyak Rp 123 miliar. Namun sayangnya angka tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dari estimasi Filipina yang berniat akan menggelontorkan biaya hingga 3 miliar. Perlu diketahui bahwa kerjasama dengan PNR di bidang rolling stock itu merupakan yang pertama bagi PT INKA. Apabila melihat dari kualitasnya yang tinggi dan harga murah jika dibandingkan negara lain tidak menutup kemungkinan untuk Filipina akan memesan kembali produk dari INKA tersebut. Sedangkan tujuan utama dari PT kereta api Indonesia yaitu untuk mewujudkan tanah air sebagai pemain unggul di ASEAN dalam bidang transportasi perkeretaapian.

4.Negara Tanzania
Meskipun Tanzania masuk ke dalam negara berkembang. Namun menariknya negara itu telah memesan rangkaian kereta api asal Indonesia sebanyak 50 unit tepatnya pada tahun 2017. Selain itu Tanzania juga melakukan mitra kerjasama dengan PT INKA terkait pengadaan kereta api. Untuk mendapatkan produk dari INKA tersebut negara Tanzania tidak segan-segan mengeluarkan biaya hingga 2,6 triliun guna mendapatkan kereta api sesuai dengan apa yang diinginkannya. Umumnya untuk negara di Afrika Timur akan membeli produk INKA dalam bentuk lokomotif.

8-daftar-negara-yang-pernah-membeli-produk-dari-pt-industri-kereta-api-indonesia

5. Negara Zambia
Tidak hanya negara-negara di ASEAN saja namun Zambia juga tertarik dengan kereta buatan PT INKA Indonesia. Bahkan yang menariknya lagi negara asal Afrika itu telah menandatangani kontrak untuk pengadaan sebanyak 100 unit kereta api. Dimana untuk mengerjakan pesanan itu Indonesia menggandeng salah satu perusahaan besar asal Prancis. Diharapkan dengan melakukan kerjasama terhadap perusahaan Perancis itu Indonesia bisa memperoleh ilmu pelajaran mengenai perkeretaapian. Dengan begitu bisa menghasilkan produk yang lebih berkualitas sehingga semakin dilirik oleh dunia. Dari kerjasama dengan perusahaan Perancis itu Indonesia mengambil keuntungan sekitar 30%.

6.Negara Malaysia
Negara yang terkenal dengan menara kembarnya ini juga pernah memesan gerbong kereta api yang dibuat oleh PT INKA Indonesia. Tepatnya pada tahun 2012 PT perkeretaapian Indonesia memperoleh pesanan sekitar 16 gerbong dari negara Malaysia. Saat itu nilai kerjasama yang dilakukan PT INKA dengan negara Malaysia itu mencapai sekitar USD 4,8 juta atau jika dirupiahkan setara dengan Rp45,6 miliar. Perlu untuk diketahui bahwa dari 16 unit kereta yang dipesan oleh Malaysia itu 14 diantaranya merupakan jenis air conditioned second class dan 2 unit merupakan tipe power generating car.

7.Negara Singapura
Tidak hanya Malaysia saja negara yang masih dekat dengan Indonesia ini juga pernah memesan produk dari INKA sebanyak 20 gerbong barang. Untuk gerbong barang yang telah dipesan negara Singapura itu terdiri dari dua tipe yakin weheel wagon dan flat wagon. Pastinya untuk keuntungan yang diperoleh negara Indonesia pada waktu itu bisa mencapai miliaran.

8.Negara Australia
Bukan hanya negara-negara berkembang saja, melainkan ada juga negara maju yang memesan rangkaian kereta dari PT INKA. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira bagi warga Indonesia. Tepatnya pada tahun 2004 Australia pernah memesan kereta tipe flat wagon frame(CQKY) sebanyak 24 unit. Jika dihitung dari tahun 2004 hingga 2005 negara kangguru itu telah memesan produk buatan PT Kereta Api Indonesia sekitar 485 unit.

Itulah beberapa negara yang pernah memesan produk buatan PT INKA Indonesia. Bisa dibilang bahwa PT Industri Kereta Api di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal itu terbukti dari belum lama ini PT INKA berhasil meluncurkan empat rangkaian kereta K1 New Image yang diklaim lebih nyaman dan memiliki sistem penggagas baik jika dibandingkan produk sebelumnya.