7 Kebanggaan Terbesar Menjadi Kondektur Kereta Api Indonesia

7 Kebanggaan Terbesar Menjadi Kondektur Kereta Api IndonesiaIndustri Kereta Api Indonesia (KAI) makin tahun makin mengalami banyak perubahan yang sangat deras. Jika dulunya hanya bermodalkan kayu, namun kini para penumpang akan mendapatkan fasilitas terbaik dan memuaskan. Terutama bagi seorang kondektur. Dalam statusnya, mereka bertugas untuk menjamin keselamatan, menarik karcis, mengawal operasi hingga mengatur jadwal pemberangkatan.

Menjadi seorang kondektur merupakan salah satu kebanggaan terbesar. Sebab tidak semua warga Indonesia terutama lulusan perkeretaapian mampu menembus jabatan tersebut. Pastinya kondisi tersebut selalu memberikan keuntungan dan manfaat selama bertugas. Dan berikut ini merupakan beberapa kebanggaan paling utama yang dirasakan para kondektur, di antaranya;

1. Liburan Setiap Hari
Tak bisa kita bayangkan bahwa menjadi kondektur kereta api Indonesia selalu memanjakan diri setiap hari. Karena pastinya mereka akan selalu berkunjung ke tempat mana pun sesuai tujuan kereta. Contohnya saja pemberangkatan lintas Kota. Mereka akan melihat sensasi terbaru yang ada di Kota tersebut dan kemungkinan besar mampu mengelilinginya sepanjang hari.

Cara untuk mendapatkan liburan tersebut tentu sangat mudah. Jadi dengan menentukan waktu istirahat sesuai jadwal untuk mengitari tempat tersebut. Kemudian kembali ke stasiun tujuan setidaknya 30 menit sebelum pemberangkatan. Pastinya hal tersebut merupakan hobi para traveler yang tidak dapat dirasakan oleh semua oran secara bebas.

2. Kenalan Dengan Orang Baru
Kebanggaan yang berikutnya yaitu setiap kondektur akan selalu berkenalan dengan orang baru setiap harinya. Sebab mereka tak hanya bertugas dalam satu kereta, melainkan ditentukan sesuai jadwal yang berlaku. Layaknya guru dan murid di sekolah, pertukaran rekan kerja juga terjadi di dalamnya. Sehingga mereka akan mendapatkan informasi terbaru lebih cepat.
Tak hanya itu saja, mereka pun juga bisa bertukar pikiran dan ilmu pengetahuan dengan orang lain. Sebab para penumpang tak hanya berasal dari Kota asal melainkan berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Bahkan mereka pun juga selalu berinteraksi dengan para turis. Pastinya semakin banyak relasi maka semakin banyak pula rejeki yang didapatkan.

3. Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan
Tentu tidak mudah bertugas sebagai kondektur KAI. Karena mereka tidak hanya dituntut untuk memiliki tanggung jawab secara penuh, tapi juga bisa mengembangkan jiwa kepemimpinan secara perlahan. Sebab mereka diwajibkan agar bisa bersikap lebih tegas dan menjalin hubungan baik antar rekan sekerja dan penumpang hingga menciptakan suasana perjalanan yang aman dan kondusif.

Adapun hal penting yang patut diperhatikan dalam bertugas yaitu tidak membeda – bedakan kualitas dan etos kerja antar sesama. Sebab masing – masing karyawan memiliki tugas dan keahlian tertentu. Dari rasa saling percaya dan pengabdian yang besar, maka mereka mampu membentuk korelasi yang kuat untuk kemajuan pribadi dan perusahaan.

7 Kebanggaan Terbesar Menjadi Kondektur Kereta Api Indonesia

4. Melatih Kedisiplinan dan Kesabaran
Siapa bilang tugas kondektur hanya menarik karcis dan mengatur jadwal pemberangkatan saja Anggapan tersebut kurang tepat. Sebab mereka bisa melatih kedisiplinan dan kesabaran dalam mengerjakan tugas utama. Karena sejatinya profesi tersebut dituntut untuk datang tepat waktu tanpa mengimbuhkan alasan lain yang tak masuk akal dan di luar dugaan.

Lantas apa jadinya jika datang terlambat Pastinya pemberangkatan kereta api akan mengalami penundaan. Sehingga hal tersebut akan berimbas kepada nama baik pribadi dan perusahaan. Selain itu kesabaran mereka akan selalu teruji mulai dari ketidakpuasan penumpang, masalah fasilitas yang disediakan, faktor cuaca dan lain sebagainya.

5. Selalu Gembira Riang
Kebanggaan yang kali ini adalah kondektur akan selalu gembira riang pada saat bertugas. Terutama pada saat mereka berhasil memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas terhadap semua penumpang sejak awal pemberangkatan hingga tujuan. Nantinya mereka akan mendapatkan apresiasi baik secara langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan etos kerja.
Faktanya membuat orang lain senang tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Sebab mereka bisa mewujudkan impian para penumpang agar lekas tiba ke tujuan dengan selamat demi bertemu dengan sanak family. Tanpa disadari bahwa hal tersebut tak hanya memberikan empati yang besar, tapi juga membuka ladang amal terhadap diri sendiri.

6. Reward
Penghargaan atau Reward tak hanya diberikan kepada kalangan artis atau selebriti kenamaan. Akan tetapi para kondektur pun juga berhak untuk mendapatkannya berdasarkan kinerja, pengabdian dan prestasi yang dilakukannya selama ini. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan jenjang kerja ke arah yang lebih baik serta menjamin kualitas diri untuk kepentingan perusahaan.

Tentunya Reward tersebut sangat beragam dan tidak semua kondektur mampu meraihnya dengan mudah. Salah satu contoh nyata telah banyak kondektur yang berprestasi dalam ajang Indonesia Contact Center Award (ICCA). Yang lebih mewah lagi beberapa dari mereka pun juga berhak untuk mengikuti perlombaan antar negara Contact Center World (CCW) dengan membawa nama baik perusahaan KAI.

7. Masa Depan Cerah
Yang pasti memiliki masa depan yang begitu cerah merupakan impian semua orang. Karena mereka tidak akan kesulitan dalam menghadapi kerasnya kehidupan yang penuh drama seiring berjalannya waktu. Kondektur merupakan profesi yang layak untuk mendapatkan jaminan hari tua. Tidak hanya berpenghasilan lebih, tapi mereka pun akan mendapatkan limpahan harta tak terduga setiap harinya.

Diketahui bahwa masa bakti seorang kondektur nyaris sama dengan Pegawai Negeri lainnya. Setidaknya mereka akan mengalami hiatus dari masa jabatannya setelah berusia 55 tahun. Menyikapi hal itu, beberapa dari mereka telah mempersiapkan kehidupan mendatang dengan membangun bisnis pribadi agar neraca keuangan dan saldo taruhan tetap stabil bahkan meningkat.